SeLamaT Bergabung

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan Kecamatan Barong Tongkok Kutai Barat Kalimantan Timur Indonesia

Selasa, 14 Desember 2010

PNPM 2010 Tembus Rp 31,1M

SENDAWAR- Tahun anggaran 2010, pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Kutai Barat (Kubar) dikucurkan dana sebesar Rp 31,1 miliar. Ini merupakan dana sharing pemerintah pusat dan Pemkab Kubar sebesar 60 persen berbanding 40 persen. Nominal yang dikucurkan Pemerintah Pusat Rp 18,5 miliar sedangkan Kubar Rp 12,6 miliar. Dana ini semuanya akan digunakan lebih banyak untuk pembangunan sarana dan fasilitas umum. 
Kepala Bidang Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kampung Kubar Imansyah Said, belum lama ini menyampaikan, khusus untuk pelaksanaan PNPM MP 2010, Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai mendapatkan kucuran dana Rp 2 miliar. Dana itu digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana kampung yang sama sekali belum dimiliki masyarakat di kedua kecamatan. 
Imansyah Said mengatakan, besarnya dana PNPM MP 2010 diterima masyarakat di kedua kecamatan karena pertimbangan merupakan daerah yang sangat jauh di daerah perbatasan Kubar dan sangat membutuhkan besarnya perhatian pembangunan. Adapun sarana dan prasarana yang dapat dibangun antara lain, sarana air bersih, MCK, gedung pertemuan, jalan tani. “Misalnya, untuk sarana air bersih, tidak boleh mata airnya dilakukan dengan cara pengeboran namun memanfaatkan sumber mata air yang ada di wilayah kampung tersebut,” terang dia. 
Selanjutnya prosedur yang dilakukan tiap kampung, kata dia, terlebih dahulu mengadakan musyawarah kampung kira-kira pembangunan apa yang menjadi prioritas, dan setelah itu disampaikan dalam rapat kecamatan. Di sini setiap kampung menyampaikan argumentasinya masing-masing kampung apakah itu menjadi sangat prioritas. “Karena nantinya tidak semua kampung mendapatkan dana PNPM, namun bukan berarti tidak dapat selamanya karena akan terima di tahun yang akan datang,” terangnya. 
Selama ini menurut Imansyah Said, fasilitator yang ditempatkan beragam cerita menarik yang terjadi ketika menjadi moderator dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat sekiranya pembangunan apa yang hendak dilaksanakan. “Bahkan ada kejadian Kecamatan Long Apari ketika sudah diputuskan membangun sesuatu, ternyata setelah disepakati keesokan harinya minta diubah,” ujar Imansyah Said. 
Untuk 2010 ini, tambah dia, pelaksanaan PNPM diselenggarakan untuk 21 kecamatan, ini berkat keberhasilan PNPM MP tahun sebelumnya yang membuat Pemerintah Pusat menaruh kepercayaan besar kepada Kubar untuk dapat menyelenggarakan program yang lebih besar guna peningkatan dan pesejahteraan masyarakat yang lebih baik
@reposting dari website pemkab kubar.

3 komentar:

  1. ouh reposting yak..pantesan tulisannya orang pemkab ituh,..buktinya sesenpun blm turun tuh yg dari apbd

    BalasHapus
  2. Kalo dari APBD belum turun ya diturunkan aja....

    BalasHapus
  3. hehehe mas try,..susah banget keknya nurunin tinggal tarik ke bawah aja ini

    BalasHapus